Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Ajang Potensi Matematika (APOTEMA) 2016

                          

   Mathematics is absolutely necessary and useful to the other sciences. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Roger Bacon, pakar matematika yang juga merupakan seorang tokoh matematika dengan pengaruh besar terhadap perkembangan ilmu-ilmu sosial. Makna kata absolutely yaitu terbukti, necessary berarati penting, useful berguna, dan the other sciences berarti pengetahuan yang lain. Menurut Bacon makna dari gabungan kata-kata tersebut adalah matematika telah terbukti penting dan berguna bagi ilmu pengetahuan yang lain. Dalam hal ini, matematika digunakan sebagai pelengkap serta penopang ilmu pengetahuan lain. Sehingga, suatu hal yang wajar apabila matematika disebut sebagai induk dari pengetahuan-pengetahuan yang lain karena keberadaannya memang telah diketahui secara eksplisit. Dalam setiap ilmu pengetahuan baik itu ilmu sosial maupun ilmu yang berkaitan dengan ilmu alam pasti menggunakan matematika dalam rumus-rumus perhitungannya, misalnya dalam menghitung kuantitas barang, jumlah penduduk, tekanan zat, dan lain sebagainya yang nantinya akan sangat bermanfaat dalam penerapan dikehidupan sehari-hari.
Hampir setiap sisi kehidupan kita selalu berhubungan dengan matematika. Ketika kita ingin membeli sesuatu maka matematika berperan di sana, atau kita ingin membangun sebuah rumah untuk tempat tinggal kita maka matematika juga mempunyai tempat di sana bahkan disegala jenis bidang matematika turut andil didalamnya. Jadi, belajar matematika menjadi sangat urgen bagi kita. Permasalahan global sekarangpun tidak bisa lepas dari Matematika. Oleh karena itu Matematika menjadi mata pelajaran yang dipelajari hampir di setiap jenjang pendidikan, karena itu hampir setiap orang mengenal matematika. Tetapi, matematika oleh sebagian orang dikenal sebagai pelajaran yang sulit. Mitos ini adalah sesuatu yang lazim tatkala sejak kecil ada sebuah keyakinan yang tidak benar dalam diri mereka. Rasa takut akan matematika ini tentunya tidak terjadi begitu saja tetapi, boleh jadi orang tua, keluarga, atau bahkan lingkungan juga memiliki persepsi yang sama akan adanya rasa takut ini. Padahal di era globalisasi matematikan sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan global, hanya orang yanng bisa bertahan yang bisa menghadapi persaingan global ini.
Dengan kondisi semacam ini, langkah positif sangat diperlukan supaya berbagai anggapan negative tentang matematika dapat terhapuskan. Pada dasarnya melalui matematikalah kita bisa menemukan potensi-potensi terpendam dalam diri kita yang luar biasa. Hal ini terbukti dari apa yang kita pelajari dalam matematika yaitu kita belajar tentang logika, berfikir kritis, kreatif, dan inovatif dengan argumentasi-argumentasi yang matematis.
Melalui langkah positif ini kami yakin siswa/siswi akan lebih berminat dan menyukai matematika. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Matematika (TMT) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung akan mengadakan sebuah kompetisi yang dikemas dalam bentuk olimpiade matematika sebagai ajang pengembangan potensi siswa/siswi yang duduk di bangku SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk membina serta memberikan sarana dan prasarana untuk generasi pelajar guna mengembangkan potensi dirinya kearah peningkatan kualitas dalam bidang matematika.

setiap orang paasti punya potensi itu, kenapa tidak coba dikembangkan? untuk anda yang bermianat dan berani mencoba  langsung saja di klick untuk mengisi formulirnya
Terima kasih telah membaca artikel tentang Ajang Potensi Matematika (APOTEMA) 2016 di blog MATEMATIKA IAINTA jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

4 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

assalamualaikum wr.wb kak numpang tanya pengumuman hasil APOTEMA 2016 pada hari n jam berapa trima kasih wassalamualaikum wr.wb

Balas